Senin, 21 Maret 2016

Makna Sebuah Cincin kawin

CinCin KaWin

Makna Sebuah Cincin kawin


Setiap orang mempunyai opini yang berbeda-beda tentang makna sebuah cincin kawin . Cincin kawin dalam bahasa jawa disebut ali-ali. dalam sastra jawa maksudnya ojo lali(jangan lupa), maksudya jangan lupa kepada yang mengasih cincin kawin . sedangkan dalam masyarakat karena sudah terbiasa dengan adanya acara tukar cincin kawin pada saat pertunangan atau pernikahan, orang menganggap jika sudah memakai cincin kawin di jari manis berarti sudah ada ikatan. jadi jika seorang lelaki memberi cincin kawin kepada ceweknya dengan setulus hati bisa jadi dia mengajak kehubungan yg lebih serius.
    Cincin kawin adalah perhiasan yang tidak hanya melambangkan simbol dari keanggunan, dan kemegahan.Tetapi juga simbol yang tidak terputus yang menggambarkan keutuhan , kesetiaan, dan keabadian  seperti bentuknya yang bulat melingkar . Selama beribu-ribu tahun, cincin kawin digunakan untuk melambangkan kepercayaan, tradisi dan bagian dari sesuatu . Seperti cincin kawin dan cincin berkelas yang digunakan raja atau tokoh agama .
    Cincin Kawin ini biasanya dipakai untuk acara akad nikah ketika itu didalam tunangan itu hanya tukar cincin tetapi ketika akad laki-laki yang harus memakaikan cincin kawin ke jari manis wanitanya karena disitulah tanda cinta yang sebenarnya dari cincin kawin itu sendiri. Disinilah kegunaannya Cincin Kawin ini sebagai pengikat , karena apabila tidak ada cincin kawin tidak akan terjadi yang namanya pernikahan dan tunangan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar